Peringatan Milad 4 Desember di Alam Maya

Oleh: Sekretariat ASNLF


Foto: Perayaan milad Aceh Merdeka oleh perwakilan ASNLF Malaysia di Kuala Lumpur


Kru seumangat...!! Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT. perayaan hari besar Pernyataan Kembali Kemerdekaan Aceh yang ke-36 pada tanggal 4 Desember 2012 berjalan dengan lancar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Aceh di seluruh dunia tak pernah absen dalam merayakan peringatan hari ulang tahun Aceh Merdeka. Hiruk pikuk konflik dan ancaman senjata militer Indonesia bahkan tak pernah mampu meredam semangat suka cita masyarakat dalam mensyukuri dan mengenang jasa para syuhada yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi mempertahankan kedaulatan Negara Aceh Merdeka.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, yang telah memungkinkan para aktivis untuk melakukan pergerakan massa di dunia maya tanpa harus mengadakan mobilisasi terang-terangan yang tentunya dapat menimbulkan resiko tinggi, ide-ide baru pun bermunculan untuk memeriahkan salah satu hari yang paling bersejarah dalam perjuangan bangsa Aceh tersebut. Salah satu aksi paling aktual dalam rangka memperingati ulang tahun AM ini dapat ditemukan pada jejaring sosial terkemuka, facebook.com. 

Acheh-Sumatra National Liberation Front (ASNLF), secara terang-terangan mempublikasikan acara peringatan 4 Desember pada halaman Facebook resminya yang beralamat di www.facebook.com/AchehSumatraNationalLiberationFront. Jauh-jauh hari mereka sudah mengirimkan undangan elektronik yang secara spontan menyebar hampir ke 3.000 undangan. Aksi yang mereka lakukan tidaklah sia-sia.

Hasilnya mereka pun banyak menerima komentar-komentar positif dari komunitas Aceh yang berupa ucapan selamat, do’a, serta dukungan moral atas perjuangan yang sedang dijalankan. Bahkan rekan-rekan dari Papua Barat pun turut menyampaikan suka cita dan ucapan selamat seperti yang disampaikan oleh Aliansi Mahasiswa Papua Kota Yogyakarta dalam untaian kalimat: “Tetaplah Semangat dan Teruslah Berjuang Untuk Merebut Kembali Kemerdekaan Bangsa Aceh”

Selain event perayaan yang digagas oleh ASNLF, terdapat pula bentuk peringatan unik lainnya yang menyebar di jejaring Facebook yang sudah dimulai dari tanggal 1 Desember 2012, yaitu himbauan untuk menggunakan gambar bendera bintang bulan (bendera Aceh) sebagai foto profil. Cara unik tersebut merupakan gagasan dari seorang aktivis muda di komunitas maya Mundzir Bin Muntasir. Himbauannya tersebut ternyata mendapat sambutan hangat dari pengguna FB lainnya. Satu per satu foto profil Facebookers Aceh pun berubah merah.

Mundzir, penggagas ide tersebut, menyatakan bahwa ia secara spontan berinisiatif untuk mengajak rekan-rekan Aceh pengguna Facebook mengganti foto profil mereka dengan gambar bendera bintang bulan mulai dari tanggal 1 Desember 2012 sampai dengan tanggal 5 Desember 2012. Menurutnya, ide tersebut muncul dari spekulasi yang beredar di jejaring sosial terhadap rencana pengibaran bendera Aceh pada perayaan ulang tahun Aceh Merdeka. Mengingat besarnya resiko yang harus dihadapi untuk melakukan pengibaran bendera secara massal, maka ia mengajukan opsi kepada facebookers Aceh untuk bersuara lewat jalur maya.

Mundzir menambahkan, “Tentunya kita masih teringat akan peristiwa tragedi Simpang KKA, Rumoh Geudong, Arakundo, dan lain sebagainya, dimana rakyat sipil Aceh telah dihilangkan hak-haknya secara brutal oleh kebiadaban militer Republik. Kita berharap dengan izin Allah, agar kejadian-kejadian tersebut tidak akan terulang lagi di bumi Serambi Mekah. 

 Namun kita juga tidak menginginkan jika perjuangan bangsa Aceh harus diredam dan ditiadakan oleh sikap ketakutan yang ditanamkan oleh sistem penjajahan Indonesia. Maka kita harus menggunakan segala kemudahan dan kesempatan yang ada untuk meneriakkan suara hati rakyat, termasuk dengan memobililasi massa di alam maya,” ujarnya melalui chating Facebook.